Home / Uncategorized / Beberapa Cara Menanam Mawar Dengan Mudah

Beberapa Cara Menanam Mawar Dengan Mudah

Menanam Mawar, Bunga yang satu ini memiliki ciri khas yang menonjol, yaitu memiliki duri yang bisa menggores kulit anda jika tidak berhati-hati memegangnya. Dalam Pembudidayaanya kita harus waspada bahkan harus dengan metode yang tepat, Bunga mawar memiliki aura daya tarik yang tinggi untuk kalangan kaum hawa yang sering memikat hati mereka. Dengan kata lain selain senang dengan harum dan indah warnanya kita harus belajar mengetahui bgaimana cara menanamnya.

 Bunga yang satu ini memiliki ciri khas yang menonjol Beberapa Cara Menanam Mawar Dengan Mudah

Cara Menanam Bunga Mawar

Banyak sekali metode menanam mawar yang disediakan diberbagai sumber baik buku atau di dunia maya, seribu cara tidak akan berguna tanpa pengalaman yang berharga. Mengapa ungkapan tersebut kami munculkan, karena banyak orang membeli buku dan dilakukan tutorialnya tetapi hasilnya nihil. Maka pesan kami menanam bunga mawar dilakukan harus dengan pengalaman yang cukup supaya kita mengetahui sisi kelemahannya. Tutorial kami juga tidak memastikan anda berhasil jadi mari kita bereksplorasi bersama menemukan cara menanam mawar yang sesuai dengan pengalaman kita masing-masing.

Bibit Bunga Mawar

Mawar adaah Tumbuhan yang hidup secara vegetatif, Bunga mawar memiliki Akar jenis serabut dan memiliki batang yang cenderung menjulur dan membentuk semak. Selain itu pemangkasan secara berkala sangat dianjurkan untuk mengatur batang dan cabang agar tidak terlalu liar dan terkesan berantakan. Dalam pembudidayaan mawar dibutuhkan beberapa hal yang penting antara lain Pemotongan Batang Mawar, Media Tanam, Proses Penanaman Mawar dan sebagainya.

 Bunga yang satu ini memiliki ciri khas yang menonjol Beberapa Cara Menanam Mawar Dengan Mudah

Stek Batang mawar

Pengembangbiakan mawar dapat dilakukan dengan cara stek batang yang memungkinkan menambah jumlah tanaman mawar menjadi lebih banyak dalam media tanam yang lain. selain itu menanam mawar dengan stek batang memberi efek yang positip untuk pertumbuhan dan perawatan indukan mawar. Selain itu memberikan tumbuhnya tunas baru dengan fungsi peremajaan indukan mawar.

Cangkok batang Mawar

Bunga mawar dapat dikembangbiakan denga cara mencangkok mawar. Setelah cangkok dilakukan dengan cara yang sama seperti pohon lainya, mawar dapat dipindahkan kemedia tanam yang baru untuk proses selanjutnya. Mencangkok mawar yang sudah berumur cukup akan mempercepat proses terjadinya pembungaan yang cepat pula. Menanam mawar yang sudah dicangkok dan dipotong dari indukan harus dilakukan dengan ekstra hati-hati karena akan berpengaruh pada perkembangan selanjutnya.

Sambung Pucuk Mawar

Sambung Pucuk dapat dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan banyak warna dalam satu pohoh bunga mawar. Dalam hal ini kita harus menanam mawar indukan dan beberapa jenis mawar yang memiliki warna bunga yang berbeda. Kegiatan ini akan membuat kita menjadi kreatif dan inspiratif menghasilkan bunga mawar dihalaman anda dengan beraneka warna yang akan memanjakan mata anda.

Cara Menanam Bunga mawar

Penanaman Mawar dapat dilakukan dengan menyiapkan beberapa hal, selain itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mempermudah proses selanjutnya. Dalam hal menanam mawar ada beberapa konsep yang mugkin banyak orang tau dan ceritakan. Tetapi pada kesempatan kali ini kami akan mepermudah cara pikir anda untuk menanam bunga mawar dihalaman anda sendiri.

Tahap Persiapan Tanam

Dalam menanam bunga mawar kalian harus menyediakan dan memiliki beberapa bagian ini. Klau tidak ada silahkan kalian cari dan sediakan bahan dan elemenya.

  1. Indukan mawar
  2. Gunting Batang atau Pisau Cabang
  3. Media Tanam
  4. Polibag Untuk bibit mawar yang akan ditanam

Tahap-Tahap Menanam Mawar

Proses menanam mawar dapat dilakukan sesuai aturan yang akan kami paparkan dibawah, Keikhlasan dan hati yang tulus dapat memperbesar tingkat tumbuh mawar dengan persentasi yang baik. Tapi perlu kalian ingat cara menanam dengan metode yang baik adalah kuncinya.

Pemilihan dan Pemotongan batang Mawar

Pilihlah Batang mawar yang sudah keras dan tua dengan cara mengiris miring pada bagian batang tersebut, setelah itu pastikan bagian bawah dan atas tidak tertukar. Setelah Batang dipotong kumpulkan dan tempatkan ditempat yang rindang dan celupkan bagian bawah potongan dengan perangsang tumbuh yang sudah dicampur air dengan takaran sesuai anjuran kemasan.
Penyiapan Media Tanam Mawar
Media dalam menanam mawar harus memiliki keadaan yang sesuai dengan kebutuhan batang mawar yang akan ditanam. Selain itu Pot atau polybag juga harus disiapkan sebagai tempat untuk menaruh media tanah semabai sumber tumbuhnya akar padabatang bagian bawah mawar. 
  1. Tanah yang terlalu subur terkadang memiliki kecenderungan akan memunculkan jamur dan membuat pembusukan pada bagian batang bawah mawar. Begitu sebaliknya tanah yang kurang subur akan membuat lambatnya pertumbuhan akar pada batang baru.
  2. Sesuai pengalaman kami tanam merah baik untuk proses pertumbuhan akar dan menjaga batang cepat kering apabila deberikan campuran pupuk kandang yang sesuai dan penyiraman yang cukup. Kami menganjurkan Tanah merah dan pupuk kandang dicampur dengan perbandingan 1:1 dengan.

Proses Dan cara Menanam Mawar

Seteah Semua bahan siap selanjutnya dapat dilakukan penanaman batang mawar, ikuti proses sesuai yang kami tuliskan agar mendapatkan hasil yang kita harapkan bersama. berikut cara yang bisa anda lakukan dirumah :
  • Masukan tanah yang sudah dicampur dengan tanah merah kedalam polybag serta ditekan secara merata.
  • Ambil barang mawar yang sudah dipotong dan dicelupkan dengan perangsang tumbuh bagian bawah.
  • Ambil segenggam tanah dan beri air sedikit kemudian aduk dengantanga dan lekatkan pada batang bawah mawar hingga membentuk gumpalan yang menutupi seluruh permukaan bagian tumbuah akar.
  • Masukan batang kedalam polibag dan tutup dengan media tanah kembali selanjutnya tekan hingga padat dengan tidak merusak tanah yang sudah dilekatkan pada batang bawah tadi. Asumsi kepadatannya yaitu sedang.
  • Siram Tanah dengan air secara merata.
  • Bungkus dengan menutupi potongan cabang atas dengan plastik atau lilin untuk mengurangi penguapan
  • Potong dan bersihkan daun yang masih menempel di batang untuk mempercepat pertumbuhan tunas baru dan mengurangi penguapan dengan tujuan memeancin mata akar dan cabang baru.

Perawatan Setelah Menanam Mawar

 Bunga yang satu ini memiliki ciri khas yang menonjol Beberapa Cara Menanam Mawar Dengan Mudah
Setelah batang mawar ditanam bukan berarti mawar dapat tumbuh dengan sendirinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan diawasi secara rutin. Setelah mawar ditanam letakan ditempat yang rindang dan sejuk untuk mengurangi penguapan dan mempercepat pertumbuhan tunas baru. penyiraman setiap pagi dilakukan untuk menjaga tanah selalu kering, perlu diingat sirkulasi air juga harus diperhatikan agar tidak terjadi kelembaban yang berlebih.
DemikianInformasi menarik yang dapat kami bagikan untuk sahabat setia sekalian semoga dapat membantu dan membuat anda semua bersemangat dalam menanam mawar kesayangan anda. Selain itu ketekunan dan keuletan akan membuahkan hasila yang maksimal yang akan memberikan efek kebahagiaan dalam hari-hari anda. Sekian dari kami kami ucapkan terima kasih.

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Mengatasi Kacer Yang Over Birahi

OB atau over birahi adalah masalah besar semua pemilik burung. Pasalnya, dengan keadaan seperti ini …