Home / Teknologi Budidaya / Bisnis Sarang Burung Wallet Dan Terus Hasilkan Keuntungan Besar

Bisnis Sarang Burung Wallet Dan Terus Hasilkan Keuntungan Besar

Berhasil menjalankan usaha milik sendiri adaah suatau kepuasan tersendiri bagi seseorang. Karena dengan ini mereka bisa mendapatan penghasilan yang jauh lebih besar di bandingkan hanya menjadi pekerja atau karyawan.

Namun tergantung juga dari bisnis yang di jalankan. Salah satu bisnis yang menghasilkan keuntungan besar adalah bisnis sarang burung walet karena prospek nya bisa terus meningkat begitu cepat.

Walapun begitu, banyak hal yang berlu kita perhatikan untuk memulai bisnis ini. Yang utama tentu masalah modal. Untuk masalah modal ini sendiri bisa di bilang cukup besar. Sebab untuk membuka satu lingkup sarang saja kalian harus menyiapkan modal sekitar puluhan hingga ratiusan juta. Sebagai gambaran kecil nya kita simak bagaimana cara untuk memulai bisnis ini.

Sedikit tentang Cara Memulai Bisnis Sarang Burung Wallet

Besar modal yang kita keluarkan ini tergantung dengan besar keuntungan yang ingin kita capai. Jumlah perkiraan modal tersebut sudah termasuk biaya pembuatan ruangan atau rumah untuk burung wallet. Biaya pemancingan burung walet agar mau masuk rumah serta biaya makan dan perawatan burung walet.

Rumah atau ruangan yang dapat kita gunakan sebagai tempat sarang burung walet sendiri harus memenuhi beberapa kriteria, dengan luas minimal 21 x 36 meter. Dan biasanya bisa di buat dalam beberapa lantai. Selain itu juga, sirkulasi udara dalam ruangan juga harus di perhatikan dengan baik. Di sarankan kalian bisa menciptakan ruangan yang lmbab.

Baca Artikel Terkait : Cara Budidayakan Sarang Walet Cepat Huni 

Setelah urusan modal dapat di kendalikan, lalu persiapan membuka bisnis sarang burung walet yang menyangkut kemampuan atau tips pengentahuan untuk memancing burung walet agar mau membuat sarang di tempat yang sudah di sediakan.

Biasanya proses pemancingan burung wallet ini pertama kali akan di lakukan oleh seorang ahli atau orang yang memang berpengalaman berprofesi sebagai pemancing burung walet. Meskipun sebenarnya cara ini belum jelas ke efektifannya.

Namun jangan khawatir, karena ada cara lain juga yang lebih ilmiah untuk anda coba. Seperti dengan membunyikan suara burung walet menggunakan audio. Ketika burung walet mendengar ada suara burung walet lainnya dari sebuah rumah, maka mereka akan bergerak untuk membuat sarang di tempat asal bunyi tersebut.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan wewangian pada ruangan. Ya, tahukah anda jika burung yang satu ini menyukai aroma wangi sehingga tak heran jika burung walet akan menghampiri tempat yang memiliki aroma wangi dan membuat sarang di dalamnya.

Setelah itu, lanjutkan dengan pengetahuan perawatan sarang burung walet. Biasanya perawatan burung walet ini lebih ditekankan pada kebersihan ruangan. Dan untuk pemberian makan pun tak perlu ribet, sebab burung walet mencari makan sendiri dan anda hanya perlu memberi makanan tambahan.

Dari perawatan yang mudah tersebut, anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis sarang burung walet ini. Karena hanya dengan menjual 1 kg sarang burung walet ada sudah bisa mendapatkan uang berkisar 5-10 juta rupiah. Perbedaan harga ini tergantung dengan kualitas sarang burung walet dan jenisnya, apakah berjenis patahan atau mangkuk istilahnya.

Untuk jenis mangkuk jauh lebih mahal sebab ini merupakan bentuk utuhnya. Dan dalam satu tahun, anda bisa melakukan panen hingga 2-4 kali. Sudah bisa dibayangkan betapa besarnya keuntungan yang akan anda peroleh nantinya bukan ?

Yang terpenting ketika anda menjalani bisnis sarang burung walet ini adalah jangan mudah putus asa dan tetap ulet. Sebab untuk mencapai hasil yang besar memang membutuhkan usaha yang keras dan mental yang kuat !!!

 

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *