Home / Uncategorized / Bonsai Mirten Bernilai Jual Tinggi

Bonsai Mirten Bernilai Jual Tinggi

Bonsai Mirten – Atau sering disebut Malphigia cogcigera merupakan tanaman yang memiliki penampilan dengan daun yang mengkilap atau berkilau tetapi memiliki duri di tepi kelopak daunya. Tumbuhan yang satu ini mungkin dikalangan masyarakat umum jarang dikenal dan banyak yang tidak mengetahui sehingga ketenaran pohon mirten kurang diketahui oleh banyak orang. Berbeda dengan bunga atau tanaman hias lainya tetapi dikalangan pebonsai dan pecinta bunga tanaman mirten sudah tidak asing lagi.

Keberadaan tanaman mirten tidak tersebar luas mugkin diakibatkan ketidak tahuan masyarakat dan potensi tanaman ini. Karakter Tanaman yang terkesan menawan dan menarik ini memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Mengapa bisa demikian, mari kita lihat fakta dari pohon mirten.
Bonsai Mirten Memiliki Harga Jual Tinggi 
Alasan yang mendasar mengapa mirten memiliki harga yang cukup mahal akan kami jelaskan dasar penjelasanya sesuai dengan karakter tanaman mirten dari berbagai aspek yang akan kami jelaskan sebagai berikut:
Daun Bonsai Mirten Becahaya dan berduri
Tumbuhan mirten memiliki daun kecil dan hampir mirip dengan bunga plastik, selain itu pertumbuhan daunnya yang tergolong lambat untuk memanjangkan tunasnya. dengan keadaan ini otomatis memerlukan kesabaran dan ketelitian untuk merawat daun tersebut
Batang dan Cabang Bonsai Mirten 
Bonsai pohon mirten dapat terlihat indah ketika ukuran diameter batangnya besar tetapi untuk membesarkan batang mirten memerlukan waktu bertahun tahun bahkan puluhan tahun. Maka dari itu ukuran batang yang besar untuk pohon mirten dihargai cukup mahal. Sedangkan Cabang mirten memiliki karakter yang sejajar sehingga sulit untuk mengatur cabang dan batang agar terlihat serasi dan dinamis.
Akar Bonsai Mirten Yang Menarik Dan Seragam
Jenis akar tanaman mirten tergolong mudah menyebar dan rimbun bahkan ketika batang pohon ini besar sudah dapat dipastikan akar yang tumbuh juga lebat dan seragam. Inilah yang membuat nilai lebih mirten.
Budidaya Bonsai Mirten yang sulit
Proses memperbanyak tanaman mirten dilakukan dengan merunduk akar dan melalui biji tapi proses untuk mendapatkan biji mirten sangat sulit dan membutuhkan umur tanaman yang sudah tua. Baca juga Cara Membudidayakan Tanaman Bunga Mirten Secara Ekonomis.
Karakter Bunga Mirten Yang Serempak Dan Menawan
Bonsai tanaman mirten akan terlihat indah ketika bonsai tersebut mengalami proses berbunga kesan bunga yang serbunga secara serentak dan berwarna puteih dengan putik berwarna kuning menambah kesan indah dan elegan bunga mirten ini. 

Bahan Bonsai Mirten Yang Langka
Semakin sulit ditemukanya jenis tanaman mirten membuat sulitnya mencari bahan bonsai yang berukuran besar walaupun ada pasti tidak akan diberikan dengan cuma-cuma. Sehingga para kolektor bonsai untuk mendapatkan bonsai yang satu ini dengan diameter batang besar perlu merogoh kocek lebih dalam.

Ciri-Ciri Bonsai Mirten Dan Perawatanya
Jenis Tanaman mirten adalah tanaman perdu yang sulit untuk dijadikan sebuah bonsai. Karena disebabkan oleh bentuknya yang disenangi banyak  orang. Pohon yang satu ini identik dengan batang yang tidak begitu besar dan membutuhkan waktu yang lama untuk membesarkanya, kayunya sangat keras, mempunyai ranting yangkecil, menjalar dan panjang, kepadatan daunya terlihat jelas, terkesan sangat rimbun, berbentuk mungil bergelombang dan berduri, mempunyai warna hijau yang berkilauan. Bonsai mirten Dapat tumbuh dan berkembang mudah apabila ditanam didalam pot atau tanah tanpa dirawat dengan perlakuan khusus. Pohon mirten tidak dapat hidup dengan tanah yang kering maka penyiraman harus dilakukan setiap hari pada musim kemarau dan pemupukan dapat dilakukan setiap seminggu sekali dengan pupuk cair.Bonsai mirten akan memiliki kesan indah apabila tampilanya dibuat segar dan selalu dipangkas rutin.

Demikian beberapa dasar mengapa tanaman mirten memiliki nilai jual tinggi. Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah mari bersama-sama kita perkenalkan bunga mirten secara luas dengan berbagai pertimbangan sehingga pelestarian dan pebudidayaan tanaman mirten ini meningkat dan terus berkembang. Perlu kita ingat untuk mendapatkan bonsai yang indah dibutuhkan waktu yang lama sehingga dengan adanya kesadaran stok generasi tanaman mirten tidak terputus sampai kapanpun. Semoga bermanfaat mari kita berbagi dalam komentar artikel ini. Salam MarcasFlower

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Mengatasi Kacer Yang Over Birahi

OB atau over birahi adalah masalah besar semua pemilik burung. Pasalnya, dengan keadaan seperti ini …