Home / Perkebunan / Budidaya Kacang Panjang Dengan Mudah Dan Berkualitas Tinggi

Budidaya Kacang Panjang Dengan Mudah Dan Berkualitas Tinggi

Budidaya Kacang Panjang. Di Indonesia kacang panjang merupakan tanaman yang sering dibudidayakan di musim penghujan. Bukan berarti kacang panjang tidak cocok ditanam dimusim kemarau. Petani tak perlu mengeluarkan biaya dan tenaga untuk menyirami tanaman karena sudah mendapat air hujan.

Proses penanaman kacang panjang bisa dikatakan cukup mudah, sehingga hasil panen yang diharapkan dari tanaman kacang panjang akan terpenuhi. Namun tidak banyak juga para petani atau pekebun yang mengeluhkan hasil panen budidaya kacang panjang yang kurang maksimal. Mereka banyak mengeluh karena tanaman kacang panjang tidak menghasilkan kacang panjang yang terbaik. Rata-rata pertumbuhan tanaman kacang panjang mengalami banyak kendala, seperti kacang banyak yang busuk, kacang tidak dapat besar, dan sebagainya.

Dalam menanam kacang panjang, untuk mendapatkan hasil yang terbaik adalah dengan melakukan perawatan intensif terhadap tanaman kacang panjang tersebut. Selain melakukan perawatan intensif, pengalaman dan praktek juga dibutuhkan agar mendapatkan hasil panen kacang panjang yang berkualitas unggul.

Anda juga harus mencari referensi atau bertanya langsung kepada petani kacang panjnag yang sudah sukses dalam membudidayakan kacang panjang. Tapi anda tidak perlu repot-repot bertanya kepada para petani lain, karena selain segan mungkin mereka juga tidak mau memberikan semua tehniknya kepada anda. Maka dari itu anda beruntung masuk ke blog Catatan Pak Tani ini, karena disitus ini admin berusaha memberikan informasi seputar dunia pertanian, terutama pada postingan ini anda akan dapatkan informasi berharga tentang bagaimana cara menanam kacang panjang yang baik dan benar supaya mendapatkan hasil panen maksimal.

 

Tips Sukses Budidaya Kacang Panjang.

Berikut adalah beberapa tips sukses cara menanam kacang panjang dari kami :

  1. Semprotkan ZPT Giberilin (GA) saat buah masih kecil sehingga nantinya buah akan cepat memanjang
  2. Gunakan kocoran POC alami dengan kombinasi MKP yang akan mempercepat pegisian buah
  3. Menanamlah di awal musim penghujan karena anda akan hemat biaya dan tenaga penyiraman
  4. Jika menanam dimusim kemarau maka perlu ditambahkan pupuk daun

TEHNIK BUDIDAYA KACANG PANJANG

Teknik budidaya untuk biji tumbuh adalah sebagai berikut: Persiapan Benih ditaburkan benih tidak perlu secara khusus, tetapi benih langsung ditanam pada lubang tanam disiapkan.

Pembentukan tumpukan tanah dibersihkan dari gulma, cangkul / membajak tanah sedalam 30 cm menjadi longgar. Buat parit di sekitar, biarkan tanah kering selama 15-30 hari. Setelah 30 hari membuat tidur dengan lebar 60-80 cm, jarak antara bedengan dari 30 cm, tinggi 30 cm, panjang tergantung pada tanah. Untuk sistem guludan lebar dasar 30-40 cm dan lebar atas 30-50 cm, tinggi 30 cm dan jarak antara guludan 30-40 cm. Lain halnya dengan Budidaya Kacang Hijau

Pengapuran. Pengapuran dilakukan jika pH tanah lebih rendah dari 5,5 dengan dosis keasaman tanah tergantung. Berikan kapur pertanian dalam bentuk kalsit, dolomit, atau zeagro dari 1-2 ton / ha tergantung pada pH awal dan jumlah aluminium. Lime dicampur secara menyeluruh dengan tanah pada kedalaman 30 cm.

 

PEMUPUKAN BUDIDAYA KACANG PANJANG

Pada saat pembentukan bedengan atau guludan tambahkan 10-20 ton/ha pupuk kandang/pupuk organik Super TW Plus, dengan dosis 4-5 ton/ha dicampur merata dengan tanah sambil dibalikkan.

 

PENENTUAN POLA TANAM BUDIDAYA KACANG PANJANG

Jarak lubang tanam untuk tipe merambat adalah 20 x 50 cm, 40 x 60 cm, 30 x 40 cm. Dan jarak tanam tipe tegak adalah 20 x 40 cm dan 30 x 60 cm. Waktu tanam yang baik adalah awal musim kemarau/awal musim penghujan, tetapi dapat saja sepanjang musim asal air tanahnya memadai.

 

Tahapan Budidaya Kacang Panjang

Berikut merupakan tahap-tahap yang perlu disiapkan dan dilakukan dalam budi daya kacang panjang dengan urutan yang benar.

Persiapan Benih Pada Budidaya Kacang Panjang:

Benih bisa berasal dari pembenihan sendiri atau benih yang dibeli dari toko pertanian. Benih kacang panjang dipilih dengan kriteria yang masih bagus, warnanya cerah, tidak kisut dan terhindar dari OPT.

Persiapan Lahan Pada Budidaya Kacang Panjang:

Tanah diolah sedemikian rupa, kemudian dibuat bedengan dengan lebar 70-80 cm, tinggi 20-30 cm dan jarak antar bedeng 50-60 cm. Tidak lupa untuk ditaburkan dolomit/kapur pertanian sebanyak 50-75 kg/400 m2 (jika ph tanah dibawah 5,5). Selain itu ditambahkan pula pupuk dasar TSP, KCl dan ZA (2:1 :1) dengan dosis 1-20 kg/400 m2. Pupuk dasar ditaburkan 10-15 hari sebelum tanam.

Penanaman Pada Budidaya Kacang Panjang:

Dibuat lubang tanam dengan cara tugal sedalam 3-5 cm. Dalam tiap bedengan dibuat dua baris tanaman dengan jarak tanam 70×30 cm. Setiap lubang tanam ditanami 2-4 biji kacang panjang, kemudian ditutup dengan tanah.

Pemeliharaan Tanaman Pada Budidaya Kacang Panjang:

Setelah tanaman tumbuh kira-kira sudah mencapai tinggi 25 cm, maka langkah selanjutnya ialah pemberian ajir (penyangga). Ini dimaksudkan untuk menjaga agar tanaman dapat tumbuh dengan kuat, serta sebagai media perambatan tanaman. Selain itu, ajir juga berguna agar kacang panjang nantinya tidak busuk karena menyentuh tanah dan terus-terusan basah akibat media tanah.

Pemupukan Pada Budidaya Kacang Panjang:

Pemupukan di lakukan setelah tanaman berumur 1 minggu dan 3 minggu. Untuk luas area 100 m2, dibutuhkan pupuk urea 0,5 kg, SP – 36 1 kg dan KCI 1 kg. Pupuk tersebut dibagi 2 untuk di gunakan dua kali pemupukan. Pemupukan dilakukan dengan cara mencampur semua pupuk, kemudian di tabur atau dikocorkan di sekitar tanaman dengan dosis 20 g per tanaman.

Pengendalian OPT Pada Budidaya Kacang Panjang:

Pengendalian dengan penyemprotan pestisida bisa di lakukan saat tanaman berumur 2 minggu dan satu bulan. Atau bisa di lakukan ketika sudah timbul serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman kacang panajng diantaranya adalah lalat bibit, ulat, ulat polong, bercak daun, dsb.

Panen Pada Budidaya Kacang Panjang:

Kacang panjang sudah bisa dipanen ketika berumur 45-50 hari atau sekitar 2 bulan. Buah yang sudah siap untuk dipanen memiliki ciri warna hijau keputihan. Cara panen dilakukan dengan cara dipetik secara manual. Biasanya siklus panen bisa dilakukan sebanyak 15-18 kali dalam masa satu kali tanam.

 

Referensi:

cipanasfarm[.]com

kabartani[.]com

agroteknologi[.]web[.]id

8villages[.]com

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Budidaya Rumput Laut

A. Latar Belakang Rumput laut (sea weeds) yang dalam dunia ilmu pengetahuan dikenal sebagai Algae …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *