Home / Uncategorized / Cara Membuat Auxin Alami (Zat Pengatur Tumbuh) Meggunakan Bawang Merah

Cara Membuat Auxin Alami (Zat Pengatur Tumbuh) Meggunakan Bawang Merah

Auksin, Adalah sebagian hormon tumbuhan untuk proses fisiologi, termasuk pertumbuhan, pembelahan dan Proses diferensiasi sel dan protein. Dapat digolongkan sebagai zat hormon tumbuhan pada pucuk batang, akar, pembentukan bunga dan berfungsi sebagai pengontrol besar kecilnya sel tanaan atau tumbuhan.

 Adalah sebagian hormon tumbuhan untuk proses fisiologi Cara Membuat Auxin Alami (Zat Pengatur Tumbuh) Meggunakan Bawang Merah

Auxin Dari Bahan Alami

Auxin ternyata dapat dbuat dengan menggunakan banyak sekali bahan alami, hal ini dapat dilakukan sesuai dengan pengetahuan dan ketersediaan bahan yang ada dilingkungan kita sekitar. Beberapa bahan tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Air Kelapa
  2. Bawang Merah 
  3. Rebung Bambu
  4. Bonggol Pisang
  5. Ekstrak Kecambah
  6. Ekstrak Tomat
  7. Cuka Kayu
  8. Rumput Laut 
  9. Enceng Gondok 

Membuat Auxin Meggunakan Bawang Merah

Pembuatan Pengatur Tumbuh menggunakan bawang merah bermanfaat untuk mengatur tumbuhan bunga anda. Dengan Bawang Merah yang mudah dicari bahkan di toko sembako anda bisa membuatnya untuk pertumbuhan bunga dihalaman rumah anda.

 Adalah sebagian hormon tumbuhan untuk proses fisiologi Cara Membuat Auxin Alami (Zat Pengatur Tumbuh) Meggunakan Bawang Merah

Cara Pembuatan Auxin dari Bawang Merah Tanaman Bunga

dibawah ini kami akan jelaskan pembuatan  Zat pengatur tumbuh dengan metode dibawah ini, silahkan anda perhatikan dan lakukan eksperimen di rumah anda:

  • Haluskan 7 siung bawang merah yang berukuran besar
  • Rebuslah dengan air mendidih hingga 15 menit
  • Diamkan sampai air rebusan menjadi dingin
  • Saringlah air rebusan bawang merah tersebut
  • Gunakan cairan tersebut sebagai sprayer akar untuk bunga dan tanaman hias anda lakukan dengan asumsi seminggu 2 kali spray.
  • Tidak disarankan untuk tanaman seeding.
  • Perhatikan jangan sampai terkena daun, karena akan mengakibatkan daun kuning.

Fungsi Auxin

Beberapa fungsi dari zat auxin adalah diantaranya: Antioksidan Organik Alami, Penghambat Pertumbuhan Jamur, Perangsang Akar dan Tunas, Pemilih Tanaman Yang Sakit.

Demikian Pembatan auxin untuk tanaman hias anda semoga bermanfaat, Gunakan sesuai dengan aturan yang kami sampaikan. Gunaanlah dengan bijak setiap konsep yang kurang jelas dan ingin memberi tambahan informasi silahkan berkomentar. Terimakasih kunjungan anda, salam Marcas Flower.

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Mengatasi Kacer Yang Over Birahi

OB atau over birahi adalah masalah besar semua pemilik burung. Pasalnya, dengan keadaan seperti ini …