Home / Teknologi Budidaya / Cara Membuat Kotak Persemian Padi Sendiri, Dapog ( Tray )

Cara Membuat Kotak Persemian Padi Sendiri, Dapog ( Tray )

Salah satu titik kritis tanam bibit padi menggunakan mesin tanam pindah bibit padi (Rice Transplanter) adalah pembuatan persemaian karena memerlukan bibit khusus. Cara pembuatan persemaian berbeda dengan persemaian yang biasa di lakukan saat ini. Persemaian dibuat dalam dapog dengan media campuran tanah dan juga pupuk organik, contoh dengan perbandingan 4 : 1 ( Di sesuaikan dengan kondisi tanah )

Media dapat juga campuran tanah dengan pupuk NPK 3 gram/dapog. Dapog dapt di buat dari kotak plastik / kayu ukuran bagian dalam dengan lebar 28 Cm , Panjang 58 Cm , Dan Tinggi 2,5 cm ( Disesuaikan dengan merek dan tipe Rice Transpalanter )

Dapog buatan pabrik ini harganya relatif mahal dan umunya terbuat dari bahan plastik. Untuk menghemat biaya, dapog buatan pabrik dapat dimodifikasikan atau dibuat dari bahan yang tersedia di lapangan contoh nya dari bahan kayu.

Prosedur Pembuatan Dapog dari Bahan Kayu :

  • Kayu reng dengan panjang 60 – 100, Lebar 2 Cm, Dan tinggi 3 Cm untuk rangka dapog,
  • Fiber dengan ketebalan kurang lebih 0,1 Mm alas dapog
  • Paku reng
  • Gergaji
  • Cutter atau gunting
  • Palu

Pembuatan Rangka dapog :

Kerangka dapog dapat di buat dari kayu reng dengan ukuran 2 x 3 Cm, Ukuran bagian dalam dapog ini : 28 x 58 x 2,5 Cm, Untuk dapat menghemat biaya dan mempermudah dalam persemaian, maka dibuat 1 Unit dapog terdiri dari 3 buah dapog. ntuk 1 unit dapog di perlukan 4 potong kayu reng ukuran 2 x 3 x 58 Cm, dan 2 potong kayu reng ukuran 2 x 3 x 92 Cm

Pembuatan Alas / Dasar dapog

Dasar dapog dibuat dari lembaran fiber. Untuk 1 Unit dapog diperlukan fiber ukuran 62 x 92 cm dan dibuat lubang pembuangan air sebanyak 30 lubang dengan jarak 5 x 8 Cm

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *