Home / Uncategorized / Cara Membudidayakan Tanaman Bunga Mirten secara ekonomis

Cara Membudidayakan Tanaman Bunga Mirten secara ekonomis

Pernahkah anda mendengar jenis tanaman yang satu ini Cara Membudidayakan Tanaman Bunga Mirten secara ekonomis

Tanaman Bunga Mirten – Pernahkah anda mendengar jenis tanaman yang satu ini? Ya sesuai dengan judul yang kami diatas Namanya adalah Mirten. Tanaman yang satu ini memiliki banyak sekali keunikan dan keistimewaan apabila di budidayakan dengan baik. Tanaman mirten merupakan tanaman bunga yang memiliki daun kecil yang mengkilat laksana tanaman plastik dan dipinggir kelopak daunnya terdapat duri-duri kecil. Pohon mirten sering ditanam atau dibudidayakan untuk tujuan tanaman hias dihalaman atau dibuat bonsai. Banyak pebonsai memburu atau mencari pohon mirten dirumah-rumah dengan tujuan mendapatkan batang yang besar untuk pohon yang satu ini. 

Bahan Mirten dengan diameter batang yang besar memiliki kelebihan dan keunggulan  yang dianggap langka dan terkesan memiliki umur yang tua sehingga ketika dibentuk atau dibuat bonsai akan memiliki harga jual yang tinggi. Tetapi jangan kuatir karena anda dapat menanam lebuh banyak, bonsai yang dibuat dengan penanaman dalam jumlah yang lebih banyak dari biji atau cangkok batang pasti lebih menyenangkan dan ketika bonsai sudah sesuai umur anda akan memiliki pilihan yang banyak tanaman mirten untuk dibentuk menjadi bonsai atau elemen taman. Artinya semakin banyak menanam yang dibudidayakan maka bisa mendapatkan banyak keuntungan. 

Budidaya Tanaman Mirten

Budidaya Mirten dilakukan dengan metode yang berbeda dari tanaman lainya, tetapi sesuai dengan pengalaman kami mirten akan lebih mudah dibudidayakan dengan menggunakan tekhnik cangkok dan sistem merunduk batang. Proses pemecahan tumbuhan baru dari tanaman Pokok memakan waktu tidak lama antara 1-3 bulan sesuai dengan dalam perawatan pohon mirten.

Pernahkah anda mendengar jenis tanaman yang satu ini Cara Membudidayakan Tanaman Bunga Mirten secara ekonomis

Membuat anakan Mirten dilakukan dengan menyediakan beberapa bahan sederhana yang tidak perlu mengeliarkan banyak biaya, tetapi syarat yang harus dipenuhi adalah kita harus memiliki Indukan Mirten agar kita dapat melakukan treatmen ini.

Alat dan Bahan Pengembangbangbiakan mirten

Alat dan Bahan untuk melakukan Pemecahan Tanaman Mirten yang harus kita sediakan adalah sebagai berikut:

1. Indukan tanaman Mirten
2. Media Tanam Berupa Tanah yang subur, untuk lebih baiknya dapat ditambahkan pupuk kandang.
3. Bekas botol Minum air mineral yang gelas atau botol
4. Paku dengan diameter untuk melubangi bagian dasar wadah air minum mineral bekas
5. Sarung Tangan Karet, sebagai pelindung tangan dari duri daun tanaman mirten
6. Air untuk menyiram selama proses pembiakan mirten
6. Waktu dan kemauan praktek. bisa praktek kalau tidak ada kemauan dan waktu sama saja bohong (nihil).
Bagaimana Sahabat pasti cukup mudah didapatkan bukan alat dan bahanya. Sebelum melakukan praktek ini tolong disediakan semuanya agar nanti tidak terkendala akibat kurangnya salah satu Alat. untuk alat poin kelima kita bisa melakukan tanpa sarung tangan asalkan dilakukan dengan hati-hati.

Proses Pembudidayaan Tumbuhan Mirten

Tanaman mirten yang dikembangbiakan dengan cara kami adalah menggunakan cara merunduk batang untuk pencangkokan batang bisa anda baca Cara Mencangkok Tanaman dengan aman. Pencangkokan pohon mirten dilakukan dengan syarat diameter mirten memiliki ukuran sedang dan besar. Setelah alat dan bahan sudah siap dan terpenuhi maka sahabat bisa melakukannya dengan langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan tanah subur yang atau yang sudah dicampur pupuk kandang dan masukan kedalam botol atau gelas  air minum mineral yang sudah dilubangi bagian dasarnya untuk proses pembuangan kelebihan air pada saat proses penyiraman, setelah itu lakukan penyiraman menggunakan air.
  2. Pilih batang yang akan dikembangbiakan, kemudian bersihkan bagian batang yang akan dijadikan sebagai tempat tumbuh akar. Usahakan diameter batang tidak terlalu besar dan terlalu kecil.
  3. Lengkuk dan benamkan batang tempat calon tumbuh akar kedalam tanah yang sudah ada digelas dan telah disiram air. Setelah itu tabiri media tanah kembali hingga batang yang tertancap kuat dan tidak goyang setelah itu letakan ditempat yang aman. Beri penahan agar cabang tersebut tidak goyang sampai pemotongan. Pembenaman diupayakan batangnya jangan sampai patah atau terkelupas.
  4. Setelah semua proses diatas selesai lakukan perawatan dengan cara melakukan penyiraman batang mirten tersebut setiap hari. Usahakan tanah yang ada di dalam gelas tidak sampai kering dan selalu basah atau lembab.
  5. lakukan penyiraman hingga Akar tumbuh dan kuat kira-kira waktu yang dibutuhkan 2-3 bulan.
  6. setelah akar kuat lakukan pemotongan dibagian bawah akar yang sudah tumbuh dan lakukan karantina ditempat yang teduh rindang setelah pemotongan rawat selama seminggu. 
  7. setelah pohon terlihat masih segar/fresh bisa dilakukan pemindahan ditanah langsung atau dipolybag yang lebih besar untuk melakukan Proses pembesaran.
Proses diatas setelah dilakukan maka kita bisa mengetahui bagaimana kekurangan dan kelebihan menggunakan cara ini. dalam proses ini kami melakukanya dengan tingkat dan hasil keberhasilan hingga 70 – 90% . Semoga artikel ini dapat membbantu dan memberikan tambahan pengetahuan atas semua pengalaman kita semua. Salam Sahabat MarcasFlower.

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Tips Merawat Kacer Agar Rajin Bunyi dan Tidak Kembung

Kacer adalah salah satu burung dengan kemampuan berkicau yang baik (baca: suara kacer). Ia pun …