Home / Uncategorized / Cara Menanam Bunga Bougenville Dan Jenisnya

Cara Menanam Bunga Bougenville Dan Jenisnya

Bunga Bougenville, mempunyai nama latin Bougainvillea merupakan jenis tanaman bunga yang memiliki ketenaran cukup terkenal diseluruh masyarakat Indonesia. Warna yang beraneka ragam membuat bunga ini dipandang memiliki kesan indah dipandang mata ketika mekar secara bersamaan, S. Bunga Bougenville juga akrab dengan nama Bunga Kertas di Indonesia karena kelopaknya yangselain itu batangnya mudah hidup diberbagai kondisi dan memiliki perawatan yang mudah. Bunga yang tipis dan memiliki tekstur menyerupai kertas warna-warni membuat bunga ini sering disebut dengan istilah nama bunga kertas.

Tanaman Bunga Bougenville

Bunga bugenvil awalnya berasal dari Amerika Selatan, sering ditanam di lahan perumahan. Pada saat tanaman ini berbunga, tanaman ini memiliki kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Bugenvil disebut tanaman bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan mempunyai ciri – ciri seperti kertas. Wikipedia Menjelaskan Nama Inggris bunga ini adalah Bougainvillea yang diambil dari nama Sir Louis Antoine de Bougainville, seorang prajurit AL Perancis. Antara jenis pokok bunga kertas tersohor ialah Bougainvillea ‘Elizabeth Angus’.

Cara Menanam Bunga Bougainville Flowers

Cara menanam dan merawat bunga bougenvile bisa dengan cara stek. Cara steknya hampir sama dengan cara stek bunga melati. Lakukan stek pada bagian batangnya. Pilihlah batang yang sudah berusia tua, selanjutnya potong batang tersebut dengan cara menyerong atau bentuknya meruncing. Tahap selanjutnya tancapkan atau tanam batang pada media tanam yang sudah anda persiapkan. Tanam dalam kedalaman kurang lebih 3-5 cm saja. Lakukan proses penanaman pada pagi hari atau malam hari. Jangan tanam pada siang hari karena akan membuat tanaman cepat layu. Ketika anda menanam pada pagi hari akan membuat tanaman lebih cepat tumbuh tunas baru.
Cara Jitu Merawat Bunga Buganville
Sejarah Bunga Kertas (Bouganville) Yang Harus Diketahui

mempunyai nama latin Bougainvillea merupakan jenis tanaman bunga yang memiliki ketenaran c Cara Menanam Bunga Bougenville Dan Jenisnya

Menyiapkan Media Tanam

Setelah melakukan penstekan, cara menanam dan merawat bunga bougenvile selanjutnya adalah menyiapkan media tanamnya. Medianya menggunakan media tanam campuran. Medianya menggunakan tanah yang berpasir. Bunga bougenvile dapat tumbuh dengan subur di tanah berpasir. Tambahan pasir pada media tanam akan bersifat porous. Sehingga media tanam yang anda gunakan mempunyai lubang kecil atau pori-pori. Pori-pori ini berfungsi untuk pertukaran udara atau air ke dalam tanaman. Selain itu akan menjaga kelembaban tanaman. Anda bisa meletakkan pasir pada bagian bawah. Cukup sepertiga pot saja. Kemudian masukan campuran media tanah dan pupuk kandang kedalam pot.

Masa Pemangkasan

Tanaman bunga bougenvile sangat membutuhkan proses pemangkasan. Terutama buat anda yang ingin membuatnya menjadi tanaman bonsai. Dengan pemangkasan akan membuat tanaman bunga bougenvile tampak lebih indah dan lebih cepat berbunga. Anda cukup melakukan pemangkasan pada bagian batang atau rating yang sudah panjang dan bentuknya kurang teratur. Lakukan pemangkasan secara rutin. Jika ada batang atau rating yang mempunyai daun terlalu lebat, anda bisa memangkasnya juga. Jika tanaman terlalu banyak daun, akan membuat nutrisi untuk proses pembungaan terhambat. Cara menanam dan merawat bunga bouginvelie ini harus dilakukan dengan benar.

Waktu Pemupukan

Cara menanam dan merawat bunga bougenville selanjutnya adalah proses pemupukan. Bunga bouginvel kan tumbuh dengan baik jika dipupuk dengan baik juga. Pemupukan ulang akan membuat media tanam tetap subur. Anda bisa melakukan pemupukan 1 bulan setelah tanaman di tanam. Lebih baik menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Sehingga lebih bagus untuk tanaman anda. pupuk organik juga mengandung nutrisi yang lebih lengkap. Jangan gunakan pupuk kimia karena bisa mencemari kandungan didalam tanah. Untuk pupuk kimia cukup untuk memberantas hama penyakit saja. Jangan digunakan terlalu berlebihan.

Penanaman Dengan Teknik Sambungan Pucuk

Selain menggunakan teknik stek. Cara menanam dan merawat bunga boigenvile bisa dengan cara teknik sambungan pucuk. Teknik sedang sangat popular di kalangan para budidaya bunga bougenvile. Teknik ini akan membuat satu pohon bisa mempunyai beberapa jenis bunga bougenvile. Cara membuat teknik ini sangat mudah dan tidak membutuhkan peralatan yang sulit. Cara penyambungannya hampir sama ketika anda melakukan penyetakan. Cukup ambil batang dari beberapa jenis tanaman bougenvile. Kemudian sambung pada pohon yang anda tanam. Penyambungan bisa disesuaikan dengan keinginana anda. dalam 1 pohon bisa dilakukan penyambungan lebih dari 3 jenis tanaman. Dengan penyambungan ini akan membuat tanaman bunga anda menjadi lebih indah.

Macam-Macam Jenis Bunga Bougainville

Mengenal berbagai macam jenis bunga bouganville sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk dasan pengetahuan dan pemahaman dalam menanam bunga yang satu ini. Selain itu smakin bayak pilihan dan koleksi akan menambah kesan kepuasan tersendiri dalam hidup bermasyarakat. Dibawah ini bisa anda baca dan lihat betapa banyaknya jenis bunga kertas yang tersebar di seluruh dunia:

1. Bunga Bougenville Afterglow

mempunyai nama latin Bougainvillea merupakan jenis tanaman bunga yang memiliki ketenaran c Cara Menanam Bunga Bougenville Dan Jenisnya
2. Bunga Bougenville California Gold
mempunyai nama latin Bougainvillea merupakan jenis tanaman bunga yang memiliki ketenaran c Cara Menanam Bunga Bougenville Dan Jenisnya
3. Bunga Bougenville Gold Rush
4. Bunga Bougenville Bambino Baby Allison

mempunyai nama latin Bougainvillea merupakan jenis tanaman bunga yang memiliki ketenaran c Cara Menanam Bunga Bougenville Dan Jenisnya
4. Bunga Bougenville Bambino Baby Lauren
5. Bunga Bougenville Baby Victoria
6. Bunga Bougenville Coconut Ice
mempunyai nama latin Bougainvillea merupakan jenis tanaman bunga yang memiliki ketenaran c Cara Menanam Bunga Bougenville Dan Jenisnya
7. Bunga Bougenville Alexandra
8. Bunga Bougenville Barbara Karst
9. Bunga Bougenville Bambino Majik

Penjelasan diatas merupakan berbagai macam jenis bunga Bougenville yang bisa kamu pilih untuk memperindah halaman rumah. Jangan lupa pemilihan jenis dan metode penanaman yang tepat serta pemilihan bunga pendamping dan penguat disekitarnya juga mempengaruhi. Semoga Artikel ini membantu anda semua. Untuk menciptakan kedamaian dan kesejahteraan hunian anda. Salam Marcas Flower.

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Mengatasi Kacer Yang Over Birahi

OB atau over birahi adalah masalah besar semua pemilik burung. Pasalnya, dengan keadaan seperti ini …