Home / Uncategorized / Cara Pembuatan Bonsai Kemuning Dengan cangkok Batang

Cara Pembuatan Bonsai Kemuning Dengan cangkok Batang

Mempercepat Pencangkokan Bonsai Kemuning Dengan Cara MencangkokBudidaya berasal dari dua kata yaitu budi yang berarti sesuatu yang baik yang berkaitan dengan karakter atau sifat bonsai sedangkan daya dapat diartikan sebagai kekuatan atau energi yang muncul atau terbentuk dari bonsai itu sendiri tersebut. Dari pemahaman diatas dalam dunia bonsai kita diberikan kebebasan untuk mengekspresikan imajinasi yang kita miliki untuk membuat suatu bentuk tannaman yang indah dengan bentuk seni membentuk tanaman yang dinamakan Bonsai. Pada kesempatan kali ini kita akan melakukan proses awal pembuatan Bonsai dengan tanaman yang memiliki nama kemuning. pohon kemuning memiliki karakter batang yang keras dan memiliki warna kulit batang berwarna putih kekuning-kiningan yang cerah. 
Mencangkok pohon kemuning merupakan proses awal mendapatkan bakalan bonsai dengan diameter batang yang sudah besar sehingga dalam membentuk bonsai sudah tidak lagi melakukan proses pembesaran batang. Sahabat MarcasFlower apakah kalian tahu cara mencangkok tanaman kemuning yang satu ini? Mari kita saling bertukar pengalaman dan saling memberi pengetahuan.
Jenis Tanaman Bunga Kemuning Di Indonesia

Bunga kemuning di Indonesia memiliki dayapikat tersendiri disebagian kalangan rakyat indonesia,bagi orang-orang terdahulu kemuning dianggap memiliki energi dan kekuatan untuk hal-hal tertentu. Bagi kita manusia yang hidup diera modern (kids jaman now) kemuning memiliki nilai ekonomis yang bisa dikembangkan dan dinikmati.
Di Indonesia tanaman kemuning memiliki dua jenis yang dibagi berdasarkan pengertian masyarakat pada umumnya yaitu kemuning daun lebar dan kemuning daun kecil tetapi pada dasarnya kedua jenis tersebut memiliki keutamaan yang tidak mengurangi apapun satu dengan yang lainya.

Perbedaan Semai Biji Dan Cangkok Pada Tanaman Pohon Kemuning

Semai Biji Pohon Kemuning
Semai Biji pada tanaman kemuning adalah menanam atau proses memperbanyak pohon kemuning dengan cara menanam kemuning menggunakan biji yang sudah tua. Biji yang ditanam dihasilkan oleh pohon kemuning yang sudah tua dan berbuah. Pohon bunga kemuning yang sudah tua disebut sebagai Indukan Pohon Kemuning. Baca juga Cara Menanam Biji Dewandaru Dengan mudah Dan Gampang
Mencangkok Batang Kemuning
Mencangkok kemuuning merupakan proses memperbanyak pohon kemuning dengan cara melakukan penanaman pohon kemuning dengan cara membentuk perakaran baru pada batang kemuning setelah itu melakukan penanaman denggan cara memotong untuk mengambil perakaran batang tersebut dan menanam kembali di mesia tanam yang baru.
Kelebihan Dan Kekurangan Cangkok Batang Pada Tanaman Kemuning

Kelebihan mencangkok kemuning Untuk Bonsai yaitu sebagai berikut:
  1. Mendapatkan tumbuhan baru yang sudah berbuah dan berbunga
  2. Mendapatkan diameter batang besar dengan cepat
  3. Mempercepat menjadikan bonsai dengan ukuran sedang dan besar. 

Kekurangan/kelemahan Mencangkok Kemuning Untuk Bonsai
  1. Memiliki sistem perakaran yang tidak kuat
  2. Mudah terserang penyakit
  3. Tidak memiliki nilai orisinalitas pada hasil
  4. Akar dan batang cenderung tidak serasi sehingga mengurangi keindahan bonsai
  5. memilik harga lebih rendah dibandingkan bonsai kemuning dari semai biji langsung.

Cara Menanam Tanaman Pohon Kemuning Dengan Mencangkok Batang
Pencangkokan bukan hanya dilakukan untuk mendapatkan batang yang besar saja, tetapi pencangkokan pohon kemuning dilakukan untuk membuat tanaman kemuning yang sudah memiliki umur yang cukup tua dapat diperbanyak untuk tujuan pengkerdilan atau pembonsaian. Selain itu Peremajaan indukan kemuning juga sangat diperlukan untuk proses regenerasi tanaman tersebut.

Dengan dasar itulah maka Sahabat MarcasFlower dapat melakukan proses pencangkokan bonsai kemuning. Pada kesempatan kali ini kami akan melakukan pencangkokan batang kemuning menggunakan Bekas gelas Air mineral merk apa saja kalau menggunakan plastik atau sabut kelapa mungkin pembaca sudah banyak yang paham dan mengetahui karena sama persis dengan cangkok batang pada pohon yang lainya.
Langkah Mencangkok Pohon Kemuning Menggunakan Gelas Air Mineral Bekas
Alat Dan Bahan
  1. Pisau Okulasi atau Cutter 
  2. Bekas gelas plastik Air mineral/jenis lain yang sama 
  3. Strapless dan Isinya
  4. Gunting
  5. Tanah dan pupuk kandang
  6. Niat dan berdoa

Langkah dan Proses Pencangkokan batang kemuning
  1. Pilihlah batang dari pohon indukan kemuning yang memiliki diameter batang seukuran minimal satu jari telunjuk orang dewasa atau lebih besar.
  2. Seleksi dan pilihlah batang atau cabang kemuning yang tumbuhnya mengarah ke atas.
  3. Kupas dan buka kulit luar batang secara melingkar sepanjang sekitar 2-3 cm.
  4. Kerok atau kerat bagian kayu yang telah dikelupas sampai terasa kasar dan kering. Hal tersebut manandakan bagian kambiumnya berkurang atau terbuang habis. Biarkan batang tersebut selama 1 sampai 2 hari.
  5. Siapkan media gelas bekas air mineral yang sudah dibelah dan pasangkan dengan asumsi setelah di masukan tanah maka kerokan batang kemuning tersebut tertutup oleh media tanah seluruhnya. Setelah itu hubungkan bagian gelas yang dibelah dengan straples hingga terikat oleh batang.
  6. Bungkus dengan cara masukan tanah kedalam gelas yang sudah terpasang tersebut dan padatkan dengan cara menekan sampai padat.  
  7. Usahakan Bagian batas keratan/kerokan batang kemuning harus berada di dalam bungkusan secara total.
  8. Setelah dirasa batang sudah terikat dan tidak goyang pertahankan posisi dan kekuatanya bisa juga menggunakan penyangga kayu kalu khawatir rusak.

Cara Merawat Setelah Proses Pencangkokan Selesai
Setelah Kemuning dicangkok lakukan perawatan dengan cara melakukan penyiraman setiap hari agar media tanah yang menempel pada battang yang sudah dikupas tetap basah dan lembab sehingga mempercepat proses tubuh dan berkembangnya akar. Setelah akar terlihat dipermukaan media pembungkus batang dengan lebat dan warna kuning tua atau coklat biasanya sudah berumur 2-3 bulan lakukan pemotongan dan pindahkan ke mesia tanam yang baru.
Bagaimana Sahabat MarcasFlower Sangat Mudah bukan murah dan meriah lagi? bahkan bisa dikatakan ramah lingkungan. Bahkan kita bisa memanfaatkan limbah masyarakat menjadi lebih produktif. Kesimpulanya adalah semua barang yang ada dimuka bumi ini bisa dipakai atau dijadikan sesuatu untuk kepentingan manusia “jangan malu untuk mencoba dan berkreasi”. Terimakasih atas kunjungan anda semoga saling memberi manfaat. Salam Sehati MarcasFlower.

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Tips Merawat Kacer Agar Rajin Bunyi dan Tidak Kembung

Kacer adalah salah satu burung dengan kemampuan berkicau yang baik (baca: suara kacer). Ia pun …