Home / Perkebunan / 5 Inspirasi Kebun Sayur Di Rumah

5 Inspirasi Kebun Sayur Di Rumah

Buat para ibu ibu yang hobi memasak di rumah tentu saja mengidamkan kehadiran sebuah kebun sayur di rumah nya sendiri. Dengan tujuan yang sederhana yaitu, untuk mendapatkan sayur yang bebas dengan pestisida dan tentunya menghemat uang belanja, Seperti yang sudah kita ketahui, sayur yang biasa di beli di pasar kebnyakan mengandung pestisida. Pestisida ini berbahaya bagi kesehatan untuk orang yang mengonsumsinya. Lalu, mengapa tidak membuat kebun sendiri ?

Tidak ada salahnya jika ibu ibu atau bapak bapak mencoba dari sekarang, teman” bisa memulainya dari tanaman yang mudah di tanam seperti Cabai, Seledri, Daun Bawang, Lobak, Tomat, Basil, Timun, Wortel, Atau Selada. Nah sekarang kita simak yuk beberapa Inspirasi design kebun sayur untuk di rumah

1. Kebun Sayur Di Dalam Rak Indoor

Bagi ibu ibu rumah tangga yang memiliki keterbatasan lahan untuk mendirikan sebuah perkebunan sayur sendiri, cobalah membawa kebun sayur tersebut ke dalam rumah. Agar bisa menghema tempat, gunakan Rak Display bertingkat untuk meletakkan berbagai Pot sayuran. Berikan air dan pencahayaan lampu yang cukup agar tanaman sayuran bisa berfotosintesis. Bila perlu nih, Buatkan tatakan khusus untuk menampung air.

2. Kebun Sayur Dengan Sistem Hidroponik

Selama ini yang kita tahu untuk menanam sayuran di butuhkan tanah sebagai media nya. Namun dengan kehadiran sistem hidroponik ini, kamu bisa menyingkirkan tanah. Pada dasarnya sistem hidroponik ini mengandalkan Air, Oksigen, Dan Nutrisi untuk pertumbuhan tanaman. Menurut penelitian, kadar air yang digunakan pada sistem hidroponik ini lebih sedikit dibandingkan menanam menggunakan media tanah.

Kebun sayur dengan sistem hidroponik ini sangat cocok di terapkan pada daerah yang memiliki keterbatasan air. Beberapa sayuran yang bisa tumbuh dengan sistem hidroponik ini adalah Paprika, Timun, Tomat, Dan berbagai sayuran hijau lainnya. Kebun Sayur yang satu ini bisa di terapkan di dalam rumah ataupun di luar ruangan.

3. Kebun Sayur Mini Penghias Ruangan

Tanaman penghias ruangan tidak selalu harus berupa bunga warna warni ya, Tanaman hijau seperti bumbu dapur dapat kamu jadikan sebagai penghias sudut ruangan. Misalnya daun mint atau basil. Ruangan akan terlihat lebih segar sekaligus memiliki wangi yang menyegarkan.

Letakkan pot pot kecil berisi tanaman bumbu dapur di dekat jendela dapur. Agar terlihat lebih cantik, kamu bisa memberi tatakan perupa potongan kayu. Jadilah sebuah kebun mini sekaligus penghias ruangan.

4. Kebun Sayur Atau Laci Penyimpanan ?

 

Wadah untum menanam ternyata bisa berneka ragam loh, tergantung dari kretifitas masing” ya. Misalnya saja dengan kebun sayur mini atau bumbu dapur yang di tanam di laci penyimpanan ini. Meski tidak semua bagian lacinya di gunakan, tetap saja kebun sayur mini ini terlihat cantik dan unik. Selain membantu berhemat dalam Hal belanja bumbu dapur, para tamu yang berkunjung ke rumahmu pun dijamin akan tersepona ! Eh terpesona maksud nya 😀

5. Kebun Sayur Ala Terasering

Terasering ini biasanya ditemukan pada kawasan pegunungan. Salah satu fungsi dari terasering ini adalah mencegahnya akan tanah longsor, namun pada inspirasi kebun sayur yang berikut ini, terasering bisa dijadikan elemen dekoratif. Modelnya yang bertingkat ini bisa menjadi pemandangan yang mnarik.

Untuk membedakan area tingkatan, kamu bisa memberikan pembatas berupa pagar kayu atau bebatuan. Lalu kelompokan juga tanaman sayuran berdasarkan warna. Ketika mulai subur kebun ini dijamin deh akan semakin cantik !

Nah setelah melihat beberapa inspirasi tadi, rasanya jadi semakin tidak sabar ya untuk memiliki segera kebun sayur sendiri 😀 Semoga artikel ini bermanfaat buat teman” semua ^_^

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Hal Yang Harus Di Ketahui Petani Dalam Berbudidaya Tomat

Tomat merupakan tanaman sejenis sayuran buah yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat. Pada umunya tomat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *