Home / Uncategorized / Membuat karya seni bonsai

Membuat karya seni bonsai

Karya Seni Bonsai, Adalah suatu hasil karya yang diciptakan memadukan tekhnik keindahan yang mewakilkan keadaan Asli tanaman di alam liar yang diwakilkan dalam bentuk miniatur yang mini. Seni tanaman ini mulai diperkenalkan oleh negara timur sejak ribuan tahun yang lalu bahkan diwariskan dari generasi kegenerasi.

 Adalah suatu hasil karya yang diciptakan memadukan tekhnik keindahan yang mewakilkan kead Membuat karya seni bonsai

Karya Seni Bonsai Di Indonesia 

Seni Bonsai dinusantara  membawa nilai tersendiri bagi pecintanya, ketersediaan bahan dari alam yang melimpah dan tehnik pembuatan yang mudah dipelajari menghadirkan kesan eksotic untuk lingkungan Rumah.

Keindahan Karya Bonsai indoor 

Bonsai dalam ruangan dibuat atau dipilih berdasarkan selera dan kondisi suatu ruangan, Tata letak dan konsep yang tepat membuat suasana ruangan menjadi lebih elegan dan berkelas. Perawatan bonsai indoor lebih rumit karena setiap tumbuhan membtuhkan cahaya sinar matahari yang cukup.

Membuat Halaman Indah dengan Bonsai Outdoor

Tata Taman untuk tanaman bonsai di halaman sangat dibutuhkan untuk memamerkan eloknya liukan batang kekarnya akar dan rimbunya daun pohon yang dibonsai. Pemilihan pot dan pemilihan pot serta tiang-tiang penyangga pot harus diposisikan strategis. Walaupun tanaman tanaman bonsai sedang dalam proses tetapi penempatan yang baik dan pemilihan jenis pot yang sesuai maka tanaman tersebut akan terkesan lebih sedap untuk dipandang.

Proses Membuat Sebatang Bonsai

Pemilihan Bahan

Bahan Bonsai harus dipersiapkan dan direncanakan dengan matang, mengapa demikian pemilihan bahan bonsai yang tepat akan menghasilkan hasil karya yang menakjubkan. Bahan untuk membuat bonsai dapat dibuat melalui semai dari biji, cangkok, setek, dll.

Pembentukan Unsur bonsai

1. Akar
Akar yang lebat dan memunculkan lekukan yang bergelombang indah adalah kuncinya, tetapi ada hal penting perawatan dan pemilihan akar sebelum ditanam dapat mempengaruhi hasil akhir. Ketika akar tidak diarahkan sebelumnya maka kita sulit untuk mengarahkanya kembali jadi akar harus dibentuk sedini mungkin agar penampakanya elok.

2. Batang
Batang bonsai harus terlohat proporsional terlihat besar bagian bawah dan mengerucut lancip keatas. Batang yang sempurna adalah ketika pilar tersebut tidak memiliki kulit yang cacat karena pemotongan cabang. Semua luka sayatan dan ukiran tertutup dengan kulit batang secara sempurna.

3. Cabang
Struktur percabangan bonsai memiliki peran utama dalam menghasilkan mahkota bonsai yang sempurna. cabang adalah tempat bertumpunya ranting dan daun jadi harus dibentuk secara hati-hati. Ketika batang tertentu patah membutuhkan waktu lama untuk menumbuhkan kembali.

4. Daun
Pemotongan yang rutin akan menghasilkan daun yang cepat bertunas dan rimbun hal ini membuat banyak pemikiran yang salah. Pengerdilan daun adalah proses akhir ketika Akar, Batang dan cabang sudah terbentuk sempurna.

Pengawatan
Kawat bonsai memiliki peran yag penting untuk terciptanya liukan bonsai baik dari semua unsut kecuali daun semuanya dibentuk menggunakan kawat. selain kawat bonsai bisa dibuat menggunakan tali. Kawat memiliki ukuran tertentu disesuakan dengan ukuran batang.

Pemangkasan Bonsai (Pruning)
Pemangkasan daun berfungsi untuk memunculkan daun yang lebar dan proses membuat daun mengecil. ketika pruning berhasil dilakukan maka ukuran daun sudah micro maksimal. Setelah daun mengecil bonsai siap dipamerkan dan dirawat.

Pengepotan 
Pemilihan pot dan penanaman bonsai kedalam pot dilakukan dengan segera menggunakan alat-alat yang sesuai. obat prangsang akar dibutuhkan untuk menghindari terjadinya kematian pada bonsai yang telah dipindah.

Perawatan
Bonsai dirawat secara teratur setiap hari seperti penyinaran dan penyiraman adalah kuncinya.kelebihan cahaya dan air dapat menyebabkan hal yang fatal yaitu kematian pada bonsai. jangan sampai sudah beli mahal-mahal mati sia-sia, rugi kan pastinya. Bonsai bukan barang instan jadi kalu mengikuti nafsu membuat dan merawatnya pasti hasilnya tidak sempurna.

Demikian deskripsi dari kami semoga membuka jendela wawasan kita untuk menghargai hasil karya seni bonsai milik kita dan orang lain. Bonsai itu sarana untuk mempererat silaturahmi agar obrolanya lebih panjang dan menyenangkan, Apalagi ditemani secangkir kopi dan sebatang rokok. Salam Sobat MarcasFlower.

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Tips Merawat Kacer Agar Rajin Bunyi dan Tidak Kembung

Kacer adalah salah satu burung dengan kemampuan berkicau yang baik (baca: suara kacer). Ia pun …