Home / Peternakan / Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Dengan Pelepah Pisang

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Dengan Pelepah Pisang

Cara membuat Pakan Kambing Fermentasi – Kambing merupakan hewan ternak yang sangat banyak di ternak oleh para peternak. Dan untuk pakan pun ada berbagai macam cara, ada yang mengarit ada juga yang menggunakan Pakan Frementasi untuk kambing tersebut. Nah buat teman” yang belum tau apa frementasi itu saya beri tau terlebih dahulu. Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen). Secara umum, fermentasi adalah salah satu bentuk respirasi anaerobik, akan tetapi, terdapat definisi yang lebih jelas yang mendefinisikan fermentasi sebagai respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan tanpa akseptor elektron eksternal.. Untuk lebih jelas nya tentang apa itu Frementasi teman” bisa baca di sini (Apa itu Frementasi)

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara pakan ternak kambing tanpa perlu para petani untuk mengarit.

Cara Membuat Pakan Kambing Frementasi

Bahan bahan yang di butuhkan dalam membuat pakan kambing frementasi ini adalah sebagai berikut :

  • Suplemen Organik Cair (SOC -HCS) : 5 Tutup Botol
  • Pelepah Pisang (Gedebog Pisang) : 70 Kg atau secukup nya tergantung kambing nya
  • Bekatul (Dedak) : 10 Kg
  • Ampas Tahu : 30 Kg
  • Garam Dapur : 0,5 Gram
  • Gula Pasir Yang Di larutkan : 7 Sendok Makan
  • Air : 2 Litter Air

1. Langkah pertama teman teman bisa iriskan Pelepah pisang secara kecil” dan tidak terlalu kecil

2. Jika sudah sekarang kita siapkan 2 Litter Air dan 7 sendok makan dan di campur dengan SOC nya 5 tutup botol dan aduk hingga merata. Jika sudah tercampur merata kita biarkan selama 5 – 20 menit.

3. Selanjutnya taburkan dedak sebanyak 10 Kg tadi, juga ampas tahu sebanyak 30 Kg dan garam dapur sebanyak 0,5 Gram di atas pelepah pisang yang sudah teman” iriskan tadi. Jika sudah selanjutnya kalian bisa taburkan SOC yang sudah kalian aduk tadi dengan air 2 Litter di atas pelepah pisang yang sudah di taburi Dedak Garam dan juga ampas tahu.

4. Selanjutnya di aduk sampai merata bahan yang sudah di campurkan tadi

5. Jika sudah msukan Pakan yang sudah di buat tadi ke dalam drum plastik

6. Jika sudah di masukan semua ke dalam Drum kita tutup rapat” drum tersebut. Dan proses fermentasi isi menunggu hingga 1 – 3 jam, Nah ciri ciri fermentasi yang berhasil adalah terjadi nya peningkatan suhu, perubahan warna, dan adanya pelapukan..

Nah semoga artikel ini membantu semua para peternak yang tidak perlu mengarit tapi bisa menggunakan pakan fermentasi ini untuk pakan kambing..

Selamat Mencoba !

 

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Kandang Kelinci Yang Tepat Dan Sehat

Kebersihan kandang kelinci mestinya bukan sekedar soal rajin membersihkan, melainkan lebih baik jika kandang itu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *