Home / Uncategorized / Mengupas Misteri Tanaman Bunga Kemuning

Mengupas Misteri Tanaman Bunga Kemuning

Tanaman Bunga Kemuning Bunga yang terkenal memiliki aroma keharuman yang khas ini memiliki banyak khasiat dan manfaat. Selain sebagai pengharum lingkungan pekarangan rumah tanaman kemuning juga memiliki banyak kegunaan dari beberapa sudut pandang tergantung dari tujuan penanamnya. Tanaman kemuning dapat juga disebut sebagai tanaman bunga atau tanaman pohon mengapa demikian pohon bunga kemuning memenuhi semua kriteria tersebut. Pohon kemuning adalah tanaman tropis yang bisa tumbuh dengan tinggi hingga 5 meter. Batang kayu kemuning berwarna kuning dengan serat kambium yang kuning halus, daun kemuning berbentuk bundar kecil dan mirip dengan tekstur daun jeruk kingkit, bunga kemuning mirip seperti bunga melati tetapi memiliki warna agak kekuningan sedangkan aroma bunga kemuning harum menyengat, buah kemuning berwarna hijau bulat sedangkan apabila buah tersebut sudah tua (matang) berwarna merah.
 Bunga yang terkenal memiliki aroma keharuman yang khas ini memiliki banyak khasiat dan ma Mengupas Misteri Tanaman Bunga Kemuning
Gambar Bonsai Kemuning

Legenda Bunga Kemuning

Legenda – Asal mula bunga kemuning berasal dari cerita mitos yang awal ceritanya dikisahkan pada zaman dahulu hiduplah seorang raja yang memiliki 10 anak dengan nama yang diberikan oleh raja tersebut berdasarkan nama warna. Putri tersebut memiliki nama yang berwarna-warni ada yang merah, biru, hijau,merah dan warna lain. Putri bungsu raja tersebut bernama putri kuning, putri kuning terkenal rajin dan baik hati sehingga ayahnya pun lebih menyayangi putri kuning yang kelek menjadi Bunga Kemuning dari pada anaknya yang lain. Putri kuning keseharianya dikenal rajin dan sering memelihara kebun bunga kerajaan, Pada suatu hari raja pergi jauh dan ketika raja kembali memberikan perhiasan kepada sepuluh anaknya. tetapi karena salah seorang puti yang lain merasa apa yang diberikan kepada putri kuning itu lebih pantas untuknya. Kemudian salah satu putri  menghasut Putri yang lain sehingga tanpa sengaja pada saat mereka memberikan pelajaran kepada putri kuning salah satu kakak dari putri kuning membunuhnya. Karena takut diketahui ayahnya mereka menguburkan jasad putri kuning di kebun bunga istana.

 Bunga yang terkenal memiliki aroma keharuman yang khas ini memiliki banyak khasiat dan ma Mengupas Misteri Tanaman Bunga Kemuning

Raja mencari dan hari demi hari, bahkan sampai berbulan-bulan tidak pernah menemui putri kuning. Pada saat raja duduk termenung ditaman kerajaan dilihatlah bunga yang asing dengan ciri daun yang berwarna hijau bulat seperti kalung yang diberikan putrinya dan bunga berwarna putih kekuning-kuningan seperti nama putri kuningnya alangkah terkejutnya ketika bunga kuning itu dicium oleh raja tersebut baunya harum seperti kebaikan hati putrinya. Akhirnya bunga itu menjadi kesayangan raja tersebut dan menemani raja tersebut hingga akhir hayat raja tersebut kemudian raja tersebut memberi nama bunga tersebut sesuai nama Putri kuning atau lebih dikenal dengan Bunga kemuning.

Khasiat Bunga Kemuning

Khasiat Tanaman Kemuning Untuk Kesehatan, Didalam zat yang ada didalam tanaman kemuning terutama bagian daun kemuning tergantung unsur yang berkhasiat atau bermanfaat untuk kesehatan manusia. Secara tradisional dapat dijadikan sebagai tanaman obat yang berfungsi sebagai khasiat daun dan bunga kemuning dapat dijadikan sebagai obat radang dan infeksi saluran kencing, haid yang bermasalah, kencing nanah, keputihan, sakit gigi batuk dan asma serta penyakit lainya, bahkan selain daun dan bunga akar dan batangnya pun memiliki manfaat yang sama juga sesuai dengan dosis dan aturan yang benar dalam mengkonsumsinya. bahkan setelah dikembangkan kandungan yang ada didalam pohon kemuning dapat digunakan sebagai pembasmi hama nabati secara alami.

Manfaat Akar Dan Batang Tanaman Kemuning

 Bunga yang terkenal memiliki aroma keharuman yang khas ini memiliki banyak khasiat dan ma Mengupas Misteri Tanaman Bunga Kemuning

 

Kayu dari batang dan akar kemuning, memiliki satu keunggulan yaitu memiliki tekstur yang kuat dan kuning indah laksana warna gading pada gajah sehingga banyak digunakan oleh para kolektor atau pengrajin untuk dibuat kerajinan kayu kemuning yang indah. Kayu kemuning dapat menghasilkan keuntungan apabila dilakukan pengolahan seperti dibuat gagang (pegangan) senjata dari kayu kemuning, ukiran kayu kemuning, pipa rokok dari kayu kemuning, dan jenis benda lain yang berasal dari kayu kemuning. Bagaimana indah bukan apabila kayu kemuning dijadikan karya seni rupa yang luar biasa indahnya. Tetapi proses pembesaran batang kayu memakan waktu yang cukup lama menjadikan kayu kemuning susah didapatkan dan dihasilkan. Jadi marilah kita jaga keseimbangan kayu kemuning.

Aroma Terapi Bunga Kemuning

 Bunga yang terkenal memiliki aroma keharuman yang khas ini memiliki banyak khasiat dan ma Mengupas Misteri Tanaman Bunga Kemuning

 

Bunga dari pohon kemuning, dapat dijadikan sebagai aroma terapi dilingkungan rumah ketika hal ini dapat terjadi apabila pohon kemuning yang ditanam dilingkungan pekarangan kita memiliki jumlah bunga yang cukup untuk menyebarkan aromanya disekitar kita. Selain wangi aromanya dapat membuat kita menjadi fresh dan rilex.  harum bunga kemuning yang berasal dari alam tidak memiliki dampak negatif bagi tubuh berbeda dengan pengharum ruangan atau jenis lain yang diformulasikan dengan  bahan-bahan kimia lainya.

Bonsai Bunga Kemuning

 Bunga yang terkenal memiliki aroma keharuman yang khas ini memiliki banyak khasiat dan ma Mengupas Misteri Tanaman Bunga Kemuning

 

Bonsai Pohon Kemuning, memiliki ciri dan kwalitas yang khas bahkan harganya lumayan mahal, karakter yang dimiiliki pohon kemuning memiliki kriteria yang cocok sebagai bahan bonsai yang berkualitas.  Banyak para kolektor atau pemain bonsai bernafsu dan melakukan perburuan bonsai kemuning diberbagai wilayah,  untuk membuat bonsai kemuning bisa dilakukan proses awal dengan cara mencangkok pohon kemuning, menyemai biji kemuning,  atau bahkan menyetek bunga kemuning. Untuk membentuk dan menjadikan tanaman kemuning menjadi bonsai membutuhkan waktu dan proses yang sangat panjang hal ini dikarena proses pembesaran batang pohon kemuning memerlukan waktu bertahun-tahun bahkan puluhan tahun. Jadi sungguh berharga dan lumayan mahal untuk jenis tanaman yang satu ini.
Demikian penjelasan dari kami MarcasFlower tentang Mengupas Misteri Tanaman Bunga Kemuning menjadi Bonsai Terbaru, saran dari kami mari kita peduli terhadap tumbuhan kemuning yang bermanfaat ini. Jangan tebang atau bunuh tanpa ada proses budidaya selanjutnya. mari perbanyak dan kembangkan dilingkungan kita dan perkenalkan manfaat untuk tanaman kemuning tersebut. Semoga artikel ini menyadarkan kita dan dapat membawa kemanfaatan untuk kita semua. Sekian dari kami Salam Marcas Flower.

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Download Suara Burung Kenari Isian Kacer Mp3

Dewasa ini burung kenari semakin banyak pecintanya, baik dari segala jenis kenari yang populer di …