Home / Perkebunan / Asap Cair Penggumpal Dan Pencegah Bau Busuk Getah Karet

Asap Cair Penggumpal Dan Pencegah Bau Busuk Getah Karet

Masalh utama yang terjadi pada pengolahan karet adalah mutur bokar ( Bahan olahan karet ) yang rendah dan bauk busuk yang menyengat sejak dari kebunnya. Bahan olahan karet yang rendah ini disebabkan petani yang menggnakan bahan pembeku Getah Karet yang tidak di anjurkan dan merendam bahan olahan karet di dalam kolam atau sungai selama 7 – 14 hari.

Hal ini akan memicu berkembangnya bakteri perusak antioksidan alami didalam bahan olahan karet. Bau busuk menyengat ini terjadi juga disebabkan oleh pertumbuhan bakteri pembusuk yang melakukan biodegredasi protein di dalam bokar menjadi amonia dan sulfida. Kedua hal tersebut terjadi karena bahan pembeku getah karet yang digunakan saat ini tidak dapat mencegah pertumbuhan bakteri..

Apa Itu Asap Cair ?

Asap cair merupakan suatu larutan campuran dari dispersi koloid asap dalam air, hasil kondensi yang mengandung sejumlah senyawa yang terbentuk akibat pirolisis konstituen ( Cangkang Kelapa Sawit, Tempurung Kelapa, Serbuk Gergaji, Dll ).

Sifat antioksidan dan anti mikroba, terutama disebabkan senyawa fenol yang merupakan komponen aktif dalam asap dancair. Secara teknis asap dapat di produksi ditingkat petani.

Keunggulan Teknologi Asap cair

  • Menghilangkan atau mentralkan bauk busuknya
  • Dapat membekukan bahan olahan karet dengan sempurna
  • Nilai plastisitasnya tinggi
  • Sifat fisik vulkanisat setara atau bahkan lebih baik dengan pembeku lain,
  • Meningkatkan kadar karet kering ( K3 )
  • Proses pembekuan bahan olahan karet lebih cepat.

Manfaat Penggunaan Asap Cair

  • Harga relatif murah
  • Meningkatkan mutudan kualitas bokar.
  • Ramah lingkungan
  • Mengurangi dan mencegah bau yang tidak sedap sejak dari kebun sampai ke pabrik pengolahan karet.

Produksi Asab Cair

Produksi asab cair ini dilakukan metode pirolisis. Produksi asap cair sangat potensial dikembangkan karena bahan baku mudah didapat seperti limbah kelapa sawit ( Cangkang ), Tempurung Kelapa , Serbuk Gergaji dan limbah pertanian lainnya.

Nah itu dia Tentang Asap Cair Penggumpal Dan Pencegah Bau Busuk Getah Karet, semoga artikel ini memberikan manfaat buat para petani karet di Indonesia ya..

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Hal Yang Harus Di Ketahui Petani Dalam Berbudidaya Tomat

Tomat merupakan tanaman sejenis sayuran buah yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat. Pada umunya tomat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *