Home / Uncategorized / Tehnik Membudidayakan Bonsai Beringin Dengan Metode Terbaru

Tehnik Membudidayakan Bonsai Beringin Dengan Metode Terbaru

Bonsai Beringin – Pohon yang satu ini sering disebut dengan nama Ficus Benjamina merupakan jenis tanaman yang memiliki kesan angker, besar, dan memiliki umur yang panjang. Banyak sekali jenis beringin yang tersebar dan ditanam baik dilingkungan rumah atau yang hidup liar dialam liar. Yang perlu kita garis bawahi adalah tumbuhan pohon beringin dimasa sekarang memiliki kesan yang ekonomis dan memiliki potensi yang luar biaya untuk menghasilkan karya seni penghias halaman yang indah.
Beberapa spesies beringin bahkan diburu para penggila bonsai ntuk dijadikan karya yang indah. Sekaligus tanaman ini dapat dijadikan penghias halaman yang menyuguhkan kekarnya batang dan rimbunya daun. Untuk mendapatkan bentuk yang menawan dibutuhkan perawatan dan pembentukan ang teliti. Jadi Ketelatenan dan ketelitian dalam membentuk tanaman pun dapat membuahkan keuntungan.

Jenis-Jenis Beringin yang paling diminati
Jenis bonsai beringin yang banyak dicari dan dikembangkan dalam dunia tanaman hias adalah sebagai berikut. Sebelum kami jelaskan kami tekankan bahwa semua jenis dapat dijadikan sebagai bonsai yang berkualitas, mengapa demikian? karena semua jenis beringin memiliki karakter pohon yang memenuhi syarat untuk menjadi tanaman bonsai. 
  1. Beringin Dolar (Pisces)
  2. Beringin Kimeng
  3. Beringin Variegata
  4. Beringin Biasa
Cara Membudidayakan Tanaman Beringin Terbaru
Cangkok Batang 
Mencangkok batang beringin merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh para petani bonsai atau pedaganng bunga dalam memperbanyak jumlah tanaman. Selain itu mencangkok pohon beringin bertujuan untuk mendapatkan hasil maksimal dengan nilai kegagalan yang kecil. Dalam hal ini kami tidak perlu kami jelaskan secara rinci karena sebagian masyarakat sudah banyak yang bisa melakukanya. Yang harus diperhatikan dalam mencangkok adalah perawatan dan penyiraman hingga akar yang tumbuh tetap terjaga hingga tahap pemotongan dan penanaman hasil cangkokan. Artikel menarik lainya Beringin Dolar Yang Indah Mempesona.
Setek Batang
Menyetek batang beringin dilakukan dengan memotong pucuk pohon beringin kemudian ditanam dimedia tanah tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut.
  1. Dalam pemotongan pucuk beringin diharapkan menggunakan pisau yang tajam dan steril
  2. Pemotongan diusahakan miring dan setelah dipotong diusahakan direndam dalam air yang dicampur perangsang akar minimal lima menit sebagai usaha untuk meminimalisir kematian.
  3. Usahakan Semua daun dipotong atau dihilangkan untuk mengurangi penguapan
  4. Setelah ditanam usahakan tidak terkena sinar matahari langsung dan perhatikan kelembaban dan jangan sampai mengalami kekeringan media tanamnya.
  5. Lakukan penyiraman secara teratur hingga akar tumbuh dengan kuat.
Tekhnik Cangkok Tanpa Tanah Terbaru 2018

Cara budidaya pohon beringin yang satu ini dilakukan tanpa apapun hanya bermodalkan pisau okulasi atau pisau biasa yang bersih. Pembudidayaan yang satu ini tergolong ekonomis dan tanpa alat dan bahan hanya butuh pisau saja. Dibawah ini tutorialnya:
  1. Pilih batang yang akan dibudidayakan minimal batang berukuran minimal sebesar jari jempol kita.
  2. Lakukan pengupasan kulit batang melingkar dengan lebar minimal 2 cm
  3. Kerat kambium kayu hingga bersih.
  4. setelah proses selesai lakukan hal yang sama di batang lainya yang akan dikembang biakan.
  5. Biarkan selama dua hari dan setelah itu lakukan penyiraman pada batang yang dikerat tersebut setiap hari.
  6. Setelah akar tumbuh dan kuat lakukan pemotongan dan tanam di media tanah yang telah disiapkan.
  7. Pada saat penanaman kurangi cabang dan daun untuk mempercepat proses pertumbuhan dan mengurangi penguapan.
Demikian 3 cara membudidayakan dan mengembangbiakan tanaman bonsai, caradiatas dapat dilakukan untuk semua jenis tumbuhan yang satu ini. Jadi silahkan anda perbanyak dengan tujuan apakah untuk dibonsai, ditanam sebagai taman, atau bahkan dijual kembali. Semoga cara diatas dapat digunakan sebagai referensi kita semua. Salam MarcasFlower.

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Mengatasi Kacer Yang Over Birahi

OB atau over birahi adalah masalah besar semua pemilik burung. Pasalnya, dengan keadaan seperti ini …