Home / Uncategorized / Tips Perawatan Bonsai Dalam Ruangan Terbaik

Tips Perawatan Bonsai Dalam Ruangan Terbaik

Perawatan bonsai dalam ruangan bisa menjadi proses yang cukup sulit untuk sedikitnya. Tanpa perawatan dan perhatian yang tepat, pohon bonsai rentan terhadap kematian yang agak tidak menguntungkan bagi petani dan pohon itu sendiri. Banyak orang memiliki pandangan yang berbeda tentang cara yang tepat untuk merawat pohon bonsai dan hari ini saya akan memberi tahu Anda lima tips perawatan bonsai dalam ruangan. Dengan menggunakan saran yang diberikan, Anda akan dapat menumbuhkan pohon bonsai yang tampak hebat dan mencegah diri Anda menjadi “bonsai berkebun statistik”. Tips saya akan berbagi dengan Anda tentu saja cukup mendasar, namun, mereka sangat efektif dalam mendorong pertumbuhan pohon bonsai. Tanpa menggunakan lima tips itu hampir tidak mungkin untuk menumbuhkan pohon yang baik karena mereka adalah hal-hal dasar setiap pohon bonsai membutuhkan untuk berkembang. Dengan cara perawatan bonsai dalam ruangan sedikit seperti membangun rumah – Anda perlu fondasi yang kuat sebelum Anda dapat menyelesaikan sisa konstruksi. Berikut lima tips perawatan bonsai dalam ruangan adalah fondasi yang kuat untuk menumbuhkan pohon-pohon besar.

Tip 1 – Cara Menyiram Pohon Bonsai

Penyiraman dengan mudah adalah salah satu elemen terpenting dalam perawatan bonsai dalam ruangan. Terlalu sedikit air dan pohon akan mengalami dehidrasi dan mati, terlalu banyak air dan Anda akan membuat pohon tenggelam. Setelah bertahun-tahun pengalaman menanam pohon bonsai saya telah menemukan bahwa menyiram adalah masalah nomor satu kebanyakan orang (terutama pemula menghadapi) dan memastikan bahwa Anda benar menyiram pohon bonsai Anda, Anda harus menunggu tanah mulai mengering (jangan biarkan itu benar-benar kering) Selanjutnya, air pada tanaman jangan sampai berlebih merembes keluar dari dasar pot. Jangan menyiram bonsai lagi sampai tanah mulai mengering. Saya telah mencoba bahwa ini adalah cara terbaik untuk menyirami pohon bonsai, karena tidak baik membiarkan air terkumpul didasar pot.

Tip 2 – Memilih Tanah yang Tepat

Memilih tanah yang tepat sangat penting untuk perawatan bonsai dalam ruangan. Untuk memilih jenis tanah yang tepat Anda harus mengunjungi pusat taman terdekat (atau spesialis bonsai jika ada di daerah Anda) dan memberi tahu mereka apa jenis pohon bonsai yang Anda miliki. Mereka akan membantu Anda menemukan tanah yang tepat untuk kebutuhan Anda. Juga, ingatlah untuk membeli tanah dengan kualitas terbaik yang dapat Anda lakukan karena ini membuat perbedaan besar. Menghabiskan waktu lama dalam menyiapkan media tanah yang lebih berkualitas pasti sangat berharga dalam jangka waktu yang cukup panjang panjang. Kesimpulanya adalah selalu sharing dengan ahlinya adalah saran terbaik kami.

Tip 3 – Cara Mengaplikasikan Pupuk dengan Benar

Aplikasi pupuk yang salah cukup menjadi masalah besar bagi mereka yang baru dalam perawatan bonsai dalam ruangan. Dalam banyak kesempatan, saya bahkan telah melihat petani bonsai pemula memilih pupuk yang tidak larut dan kemudian bertanya-tanya mengapa pohon mereka mati setelah beberapa minggu di perjalananya. Pohon bonsai harus diberi pupuk yang larut dalam air baik satu atau dua kali sebulan selama musim tanam saja. Juga, pupuk harus diterapkan ketika tanah basah atau Anda akan melihat tidak ada hasil dari pupuk. Membeli pupuk berkualitas tinggi juga sepadan dengan biaya tambahan jadi kunjungi pusat berkebun lokal Anda dan tanyakan tentang berbagai jenis pupuk yang larut dalam air yang mereka miliki. Jika Anda mencoba satu jenis pupuk dan tidak berhasil maka tunggulah sampai musim tanam berikutnya untuk mencoba pupuk yang berbeda – jangan mencampur dan mencocokkan kecuali benar-benar diperlukan.

Tip 4 – Cara Memangkas Pohon Bonsai

Pemangkasan adalah bagian penting dari perawatan bonsai dalam ruangan. Proses pemangkasan dilakukan dengan dua cara berbeda (“pemangkasan cabang” dan “pemangkasan akar”) Anda harus memangkas cabang di awal musim semi dan dengan hati-hati memindahkan semua cabang pada pohon kecuali yang ingin Anda simpan. Pemangkasan akar juga penting tetapi seharusnya dilakukan  hanya ketika akar bonsai sudah mengikat di dalam pot. Sangat penting untuk mempelajari proses dasar pemangkasan pohon bonsai sebelum Anda mencoba dan memahat pohon Anda menjadi berbagai bentuk jadi pastikan Anda mendapatkan hal-hal dasar ini dengan benar!

Tip 5 – Memilih Lingkungan yang Tepat Untuk Mendorong Pertumbuhan

Tip terakhir ini adalah salah satu faktor paling penting dalam perawatan bonsai dalam ruangan yang benar. Anda harus menempatkan bonsai Anda di daerah yang menerima banyak sinar matahari (di dekat jendela adalah pilihan alami terbaik tetapi memastikan bahwa tempatnya dekat jendela harus cukup lebar untuk menahan pot dengan benar sehingga tidak terjatuh atau mengganggu karena kesalahan penempatan). Ruangan tidak terlalu hangat atau terlalu dingin (suhu kamar harus bekerja dengan baik jika pohon diberi sumber cahaya yang baik dan bervariasi tergantung spesies tertentu) Juga, pastikan bahwa ruangan cukup lembab sehingga tanah tidak kering terlalu cepat.

Dalam artikel ini saya telah membahas lima aspek paling mendasar dari perawatan bonsai dalam ruangan – bagaimana menyiram pohon, bagaimana memilih tanah yang tepat, bagaimana menggunakan pupuk dengan benar, bagaimana memangkas pohon untuk pertumbuhan optimal dan bagaimana cara mendapatkanlingkungan / kondisi tumbuh tepat. Ikuti saran ini dan Anda akan baik-baik saja dalam perjalanan Anda untuk menumbuhkan pohon bonsai yang besar dan menjadi master perawatan bonsai dalam ruangan!

About Catatan Pak Tani

Infopetani.Com – Menyajikan berbagai macam informasi Tentang Pertanian, Agribisnis, Berita dan Liputan Pertanian, Teknologi Budidaya serta informasi lainnya tentang Pertanian di Indonesia.

Check Also

Mengatasi Kacer Yang Over Birahi

OB atau over birahi adalah masalah besar semua pemilik burung. Pasalnya, dengan keadaan seperti ini …